Disarikan dari buku: “Balancing Individual and Organizational
Values” (2002) oleh Ken Hultman dan
Bill Gellermann
Menurut
Ken Hultman dan Bill Gellermann, Pengembangan Organisasi (Organization Development/OD) adalah:
Suatu
proses kolaboratif dalam menerapkan ilmu-ilmu perilaku berbasis nilai serta
berskala sistem yang luas untuk perbaikan, pengembangan, dan penguatan fitur
organisasi secara adaptif seperti strategi, struktur, proses, manusia, dan
budayanya, yang mengarah pada efektivitas organisasi.
Definisi
di atas dapat dipahami dengan enam penjelasan sebagai berikut:
Pertama,
OD adalah sebuah proses berskala sistem yang
luas. OD berlaku untuk keseluruhan sistem. Fokusnya lebih kepada sistem
berskala organisasi, bahkan multi-organisasi daripada sekedar pada level
individu dan kelompok. Namun demikian, fokus pada sistem yang lebih kecil
mungkin masih diperlukan.
Kedua,
OD adalah berbasis nilai (values). Pada awalnya, OD menerapkan
ilmu perilaku dengan cara mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dan menekankan
pentingnya pertumbuhan pribadi. Sekarang, OD mendukung proses pembahasan
terbuka mengenai apakah nilai-nilai itu dan bagaimana kaitannya dengan bidang
OD.
Ketiga,
OD bersifat kolaboratif. Nilai utama
yang dikomitmenkan bidang OD adalah fokus pada memadukan berbagai perbedaan
sumber daya manusia menjadi sebuah mentalitas budaya berskala besar.
Keempat,
OD berdasarkan ilmu perilaku. OD
memasukan dan menerapkan berbagai ilmu psikologi, sosiologi, antropologi,
teknologi, dan ekonomi yang menjadikan sebuah sistem yang lebih efektif.
Kelima,
OD menangani perbaikan, pengembangan,
dan penguatan fitur organisasi secara adaptif seperti strategi, struktur,
proses, manusia dan budayanya, serta fitur-fitur organisasi lainnya.
Pernyataan ini tidak hanya menjabarkan mengenai elemen-elemen organisasi yang
menjadi target perubahan, namun juga menjelaskan proses meningkatkan
keefektivitasannya. OD bekerja dalam beragam area, dan fokusnya adalah
memperbaiki dan menyempurnakan area-area ini. Kunci utama OD adalah
mentransferkan pengetahuan dan ketrampilannya kepada sistem yang sedang
dikerjakan sehingga sistem tersebut bisa mengatasi dan mengelola perbagai
perubahan berikutnya yang dibutuhkan di masa depan.
Keenam,
OD adalah tentang memperbaiki dan
menyempurnakan keefektivitasan organisasi. OD bukan hanya membuat karyawan
bahagia, namun juga menangani pencapaian sasaran-sasaran keuangan, meningkatkan
produktivitas, dan memenuhi kepuasan para stakeholder-nya.
Definisi
OD di atas pada akhirnya bermaksud memberikan ruang berpikir terkini mengenai
OD sebagai sebuah bidang pekerjaan dan mengedepankan pendekatan-pendekatan
praktis berdasarkan teori dan penelitian yang sudah dikenal.
No comments:
Post a Comment