Pada periode menjelang akhir tahun
seperti sekarang ini (Desember 2014), banyak organisasi dan perusahaan yang
meninjau kembali perencanaan strategis mereka. Berbagai hal pun mereka kaji
ulang; apa yang perusahaan sudah hasilkan? Apa yang tidak tercapai? Mengapa? Dan
seterusnya. Ada enam elemen inti yang menentukan keberhasilan pencapaian dari
sebuah perencanaan strategis, yaitu:
- Visi (Vision)
- Misi (Mission)
- Nilai-nilai Inti Perusahaan (Corporate Values)
- Bidang-bidang Strategis yang akan Difokuskan (Strategic Areas to Focus on)
- Sasaran-sasaran Strategis (Strategic Goals)
- Rencana-rencana Tindakan (Action Plans)
Dalam tulisan kali ini, saya
ingin memfokuskan pada Visi dan Misi Perusahaan. Terutama untuk menjelaskan
mengapa membuat dan memiliki Visi dan Misi begitu penting bagi Perusahaan dan
Pemilik Bisnis.
Berdasarkan pengalaman saya dalam
memberikan pendampingan bisnis, banyak pemilik bisnis yang tidak terlalu
memandang penting Visi dan Misi bisnisnya. Memang, profit dan arus kas adalah
hal-hal yang diutamakan dalam menjalankan bisnis, dan seringkali mereka tidak
menyadari bahwa ternyata Visi dan Misi bisnisnya merupakan elemen penting yang
mendukung kesuksesan mereka dalam berbisnis. Padahal, subah banyak penelitian
yang menunjukan bahwa berbagai perusahaan yang memiliki Pernyataan Visi dan
Misi yang jelas dan selaras dengan perencanaan strategis bisnis mereka memiliki
kinerja yang jauh lebih tinggi daripada peruahaan-perusahaan yang tidak
memilikinya.
Jadi mengapa memiliki Visi dan
Misi begitu penting?
Satu fakta penting adalah: Anda
sebagai Pemilik Bisnis adalah Pemimpin (Leader)
utama dari peruahaan Anda. Seorang Pemimpin atau Leader memilki banyak peran dan tanggung jawab untuk mencapai
sukses. Pernyataan Visi dan Misi akan menjadi media penting bagi seorang
Pemimpin.
Berikut beberapa peran Pernyataan
Visi dan Misi yang membantu keberhasilan Anda sebagai seorang Pemimpin:
- Sebagai sarana mengkomunikasikan gambaran dan harapan Anda di masa depan yang menarik bagi team dan orang lain untuk bergabung dan mengikutinya.
- Mendorong team Anda untuk fokus pada apa yang penting dalam bekerja.
- Menselaraskan sumber daya di seluruh organisasi Anda.
- Memperkuat budaya kerja dengan cara memberikan rasa kesatuan tujuan.
- Menyempurnakan mutu berbagai proses pengambilan keputusan karena terdapatkan kejelasakan akan “gambaran besar”.
- Meningkatkan hubungan lintas fungsional di organisasi Anda karena adanya pemahaman bersama untuk mencapai prioritas bisnis.
Terlepas dari berbagai peran di
atas, masih banyak Pemilik Bisnis yang belum memandang penting untuk menyusun
Visi dan Misi. Banyak alasan yang mereka kemukakan, di antaranya adalah :
- Menghabiskan banyak waktu untuk menyusunnya.
- Tidak akan pernah mencapai kesepakatan Visi dan Misi yang seperti apa yang diinginkan.
- Semua orang yang bekerja sudah paham apa yang mereka harus lakukan, jadi untuk apa Visi dan Misi?
- Sasaran organisasi sudah ditetapkan, jadi Visi dan Misi sudah tidak dibutuhkan.
- Visi dan Misi tidak menjamin keuntungan perusahaan.
- Visi dan Misi terlalu mengawang-awang, sulit dipahami dan tidak praktis.
Menurut pendapat saya pribadi,
seluruh alasan di atas tidak ada yang bisa mengalahkan keuntungan yang akan
didapat ketika telah memiliki Pernyataan Visi dan Misi yang ditulis dengan
benar. Bila sebuah organisasi tidak bisa mendefinisikan alasan dan tujuan
keberadaannya (Visi) serta identitas dan perannya (Misi), bagaimana dia dapat
menselaraskan orang-orang, proses, produk, dan jasanya untuk mencapai
keberhasilan di masa depan?
Dengan
tidak memiliki Visi
dan Misi yang jelas akan membatasi peluang organisasi
untuk sukses, dan juga akan melemahkan karyawan yang datang untuk bekerja setiap hari. Jika
Anda ingin karyawan Anda terlibat dan produktif, Anda harus memastikan bahwa mereka tahu bagaimana pekerjaan mereka memberikan kontribusi pada Visi dan Misi perusahaan
Anda
Pada
akhirnya, tidak pernah ada kata terlambat bagi Anda untuk menetapkan Visi dan Misi
Perusahaan Anda. Setelah itu, jangan lupa untuk menginternalisasikannya ke dalam
budaya kerja di tempat Anda melalui komunikasi yang jelas dan konsisten, mulai dari
level teratas hingga ke bawah.