Mungkin belum banyak yang
memahami bahwa ternyata memasarkan bisnis jasa profesional tidak sama dengan
memasarkan bisnis yang menghasilkan barang. Barang itu bisa disentuh, berwujud,
bisa dilihat, bahkan ada yang bisa dirasakan sebelum kita memutuskan untuk
membelinya. Jasa itu tidak berwujud. Kita tidak bisa mengetahui mutunya sebelum
kita membelinya, apakah kita akan menyukainya, atau apakah jasa tersebut akan
mampu memberikan solusi yang efektif terhadap permasalahan yang kita hadapi.
Oleh karena itu, ketika kita
memutuskan untuk membeli sebuah bentuk jasa untuk pertama kalinya, kita harus
mengandalkan pada penilaian kita sendiri tentang orang atau perusahaan yang
akan memberikan jasa tersebut. Namun bila kita sudah mengenal orangnya atau
mempercayainya maka kemungkinan semakin besar kita akan membeli jasanya.
Berikut adalah enam strategi
pemasaran yang kami anggap cocok untuk bisnis jasa profesional. Keenam strategi
ini kami urutkan dari yang paling efektif (nomor satu) hingga ke yang paling
kurang efektif (nomor enam):
- Menghubungi secara Langsung dan Tindak Lanjut. Menghubungi secara langsung dalam hal ini berarti membuat kontak secara langsung kepada calon klien kita. Hal ini bisa dilakukan secara tatap muka, melalui telepon, surat, e-mail, sms, atau secara online. Setelah sudah melakukan kontak pertama, perlu dilakukan tindak lanjut agar hubungan kita dengan mereka menjadi lebih kuat dan mereka menjadi lebih mengenal kita. Ini adalah strategi yang paling efektif untuk memasarkan jasa profesional kita.
- Networking dan Membangun Referensi. Networking adalah mengumpulkan nama-nama yang kita bisa manfaatkan untuk menjadi klien, referral, mendapatkan informasi, dan lain-lain. Kita juga bisa mendapatkan orang yang bisa mereferensikan kita dengan nama-nama tersebut yang berkaitan dengan pasar yang menjadi sasaran kita.
- Berbicara di depan Umum. Kita akan cenderung mudah diingat bila kita pernah berdiri di depan mereka dan berbicara mengenai suatu topik. Dan dengan berbicara di depan umum mengenai topic yang kita kuasai, kredibilitas kita di mata mereka pun semakin kuat.
- Menulis. Menulis artikel maupun blog berkaitan dengan keahlian kita merupakan cara yang tepat untuk dikenali banyak orang dan memperoleh kredibilitas.
- Kegiatan-kegiatan Promosi. Berbagai kegiatan promosi seperti mengikuti pameran, menjadi sponsor, dan lainnya, bisa mendekatkan kita pada banyak calon klien. Namun kita juga perlu memperhatikan faktor biaya yang kita perlu keluarkan.
- Iklan. Ini adalah cara yang paling kurang efektif untuk memasarkan jasa profesional kita. Namun demikian, terkadang juga berhasil terutama iklan dalam bentuk website atau media sosial.
Secara umum, keefetitvitasan di
atas mungkin akan dipengaruhi oleh kondisi, kemampuan, maupun keinginan kita. Misalnya,
seorang psikolog merasa tidak cocok untuk menggunakan strategi menghubungi calon
klien dia secara langsung dan melakukan tindak lanjut, sehingga dia lebih memilih
untuk menggunakan strategi networking
atau membangun referral.
Untuk itu, silahkan pilih salah satu
dari strategi di atas, kemudian pikirkan beberapa taktik yang kita bisa gunakan,
dan jangan menyerah untuk melakukan eksperimen untuk memasarkan jasa profesional
kita.
No comments:
Post a Comment