Sunday, March 2, 2014

Bisnis Apa yang Cocok untuk Saya?



Banyak orang yang berangan-angan untuk menjadi seorang pengusaha, wirausaha, atau memiliki usaha sendiri, mungkin Anda pun juga sedang memikirkan hal yang sama. Dengan berbagai kemungkinan yang menguntungkan bila menjadi seorang pengusaha, mereka perpikir, “seandainya saya seorang pengusaha, mungkin saya tidak perlu harus bangun pagi-pagi untuk berangkat kerja dan pulang larut malam tiap hari”, dan berbagai lamunan lainnya. Lalu lamunan pun berlanjut dengan pertanyaan, “wah, bisnis apa ya yang cocok untuk saya jalankan?”

Nah, ini adalah pertanyaan yang biasanya muncul bila seseorang memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha. “Bisnis apa yang sesuai untuk saya?” Sebagai seorang Business Coach, saya pun sering ditanyakan hal seperti ini. Biasanya saya akan bertanya balik, “Apa saja yang Anda sudah lakukan untuk menemukan jawabannya?” Seringnya mereka akan menjawab, “mencari di internet, baca-baca buku bisnis, dll”. Namun mereka justru jadi tambah kebingungan untuk memutuskan. Memang, sudah terlalu banyak informasi di luar sana tentang membangun bisnis, dan biasanya malah menambah kekalutan mereka yang ingin memulai bisnis. Saya pribadi bisa merekomendasikan beberapa referensi dan buku-buku yang menurut saya cukup efektif untuk memberikan jawaban lengkap, namun saya tidak akan memberikannya di sini.

Sekarang saya ingin memberikan beberapa poin utama, yang menurut saya sangat penting, bagi Anda untuk memutuskan jenis bisnis yang cocok untuk Anda.

1.    Bentuklah bisnis dari hal yang Anda cintai. Kata orang, “follow your passion”. Silahkan ingat-ingat, hal apa yang Anda sangat minati, aktivitas apa yang paling banyak menghabiskan waktu Anda, yang Anda bersedia melakukannya dengan sukarela, bahkan walaupun Anda harus membayarnya, Anda dengan ikhlas membayar untuk bisa melakukannya? Silahkan pikirkan bagaimana hal atau aktivitas tersebut bisa Anda konversi ke sebuah format bisnis yang bisa mendatangkan uang.

2.    Mulailah dari keahlian Anda. Saya yakin, tiap orang di dunia ini punya suatu bakat atau keahlian spesifik. Ketrampilan apa yang dengan mudah Anda lakukan? Keahlian apa yang orang lain mengandalkan Anda untuk melakukannya? Orang lain biasanya minta tolong Anda dalam hal apa? Kemungkinan besar hal ini juga berhubungan dengan saran nomor satu di atas. Bila Anda mencintai terhadap suatu hal atau kegiatan tertentu, tentu saja dengan cepat Anda menjadi ahli dalam hal tersebut.

3.    Pilihlah bisnis yang menciptakan repeat order. Menurut saya, ini adalah pilihan yang paling penting. Di awal-awal memulai bisnis, cash flow yang konsisten pastilah sangat diharapkan, dan Anda tentu tidak ingin hanya sekali saja seseorang beli dari Anda. Untuk itu, silahkan pikirkan bisnis jenis apa yang bisa menciptakan pengulangan pembelian dalam rentang waktu yang tidak terlalu panjang. Berapa lama seseorang akan membeli mobil atau rumah kedua? Kapan lagi seseorang akan datang kembali untuk membeli sepatu baru?

Dari berbagai kriteria yang Anda bisa gunakan dalam memilih sebuah bisnis untuk dijalankan, 3 unsur di atas bisa Anda prioritaskan sebawai awal keputusan Anda. Selanjutnya, silahkan baca artikel terkait, yaitu 4 Langkah Menetapkan Bisnis yang Cocok untuk Anda.

No comments: