Monday, July 16, 2018

Leaders as Coaches

Ketika Anda menjadi seorang pemimpin yang sebenarnya, banyak hal dari diri Anda akan berubah secara mendalam. Anda menjadi jauh lebih peduli untuk membuat team Anda lebih cerdas, lebih berani, dan lebih baik, daripada hanya mencari kesempatan untuk kelihatan hebat sendiri.

Dalam proses untuk menjadi pemimpin yang sebenarnyalah yang secara alami memunculkan pola pikir menjadi seorang coach. Lalu timbul kendala keterampilan. Kebanyakan pemimpin tidak memiliki keterampilan dasar yang diperlukan untuk melakukan coaching kepada team-nya.

Belajar untuk menjadi seorang coach berarti menciptakan impian untuk team Anda dan menjadi motivator ulung, menetapkan tujuan yang tinggi, membahas apa dan bagaimana cara meraihnya, memastikan team Anda bertanggung jawab, serta memberikan umpan balik yang jujur dan tulus. Anda tidak bisa menggampangkan semua hal ini. 

Agar mampu memberikan coaching yang efektif memerlukan niat yang kuat, kesabaran, serta keterbukaan dan kerendahan hati dan pikiran untuk bersedia belajar dan berlatih terus menerus, dan semua usaha tersebut akan memberikan manfaat luar biasa pada akhirnya. Team Anda akan berterima kasih pada Anda. Mereka akan menjadi lebih mandiri, terbiasa dengan proses berpikir yang kreatif sehingga potensi pribadi dan profesionalnya semakin bertumbuh.

No comments: