Wednesday, March 7, 2018

Keselarasan Business Mindset

Teman-teman, mari kita bahas situasi berikut:

Ada sepasang suami istri yang menjalankan sebuah bisnis bersama di bidang jasa pe-rencanaan keuangan. Untuk memasarkannya, mereka mendatangi target market, baik itu yang individu maupun yang organisasi.

Suatu hari mereka menemui seorang Coach dan menceritakan masalah mereka yaitu sejak 3 bulan terakhir belum berhasil mendapatkan klien ideal.

Sang istri memiliki keyakinan bahwa tiap menemui orang itu adalah peluang bisnis. Mungkin tidak closing di pertemuan pertama dan mungkin juga closing. Karena ini adalah jasa profesional dia juga meyakini musti menjalin kepercayaan dan keakraban dulu dengan prospek klien dan hal ini memang perlu waktu, namun tetap berharga untuk dilakukan.

Sang suami meyakini semua hal harus dibuat perencanaan yang matang dan pasti sejak awal. Menurutnya menemui seseeorang tanpa tujuan yang jelas dan hanya sekedar "saying hello" adalah buang-buang waktu. Tidak perlu basa basi terlalu lama, langsung saja bahas bisnis.

Nah, bisa kita bayangkan apa yang terjadi dengan aktivitas bisnis mereka tiap harinya? Ada value peluang vs kepastian, dan orientasi relationship vs task.

Ini adalah salah satu contoh situasi yang biasa terjadi bila kita menjalani bisnis dengan pasangan hidup atau rekan bisnis.

Sukses tidaknya perkembangan bisnis kita salah satunya dipengaruhi dengan cara-cara dan berbagai keputusan yang kita dan rekan bisnis kita buat. Untuk itu keselarasan dalam visi, misi, goals, dan values dalam menjalankan bisnis antara kita, pasangan atau rekan bisnis kita amatlah penting. Ini adalah mindset utama dalam membangun bisnis.

Jadi mulailah kita evaluasi apakah kita dan rekan/pasangan sudah memiliki mindset yang selaras dalam menjalankan bisnis? Bila belum, segera bicarakan dengan mereka dan carilah cara untuk menselaraskannya.

No comments: