Sunday, September 21, 2008

Sudut Pandang yang Berbeda

Anda dapat belajar banyak hal dari orang-orang yang cocok dengan anda. Anda bahkan dapat belajar lebih banyak dari mereka yang tidak cocok dengan anda.
Sudut pandang anda memang penting, karena ia yang membuat anda memahami dunia ini. Namun ingatlah bahwa sudut pandang anda bukanlah satu-satunya sudut pandang yang ada.
Anda dapat mendengarkan orang lain, belajar darinya, dan bekerja dengan mereka walaupun anda tidak selamanya setuju dengan mereka. Apabila setiap orang memiliki pendapat yang persis sama terhadap setiap hal, maka pengetahuan dan kebijaksanaan akan mengalami kemunduran.
Sudut pandang anda akan semakin tumbuh dan berguna bila anda membiarkannya untuk selalu dikaji kebenarannya. Bila ada yang menyetujui atau tidak menyetujuinya, setiap orang akan mendapatkan manafaat dari perbedaan pendapat yang muncul.
Hidup dengan kesuksesan dan pencapaian tidak selalu bergantung pada membuktikan bahwa anda selalu benar dan orang lain salah. Untuk mencapai kemajuan berarti anda harus melepaskan asumsi bahwa anda telah mengetahui semua jawaban.
Tetap pegang teguh nilai-nilai diri anda, dan juga pertimbangkan sudut pandang orang lain yang berbeda. Lihatlah kehidupan dari sudut pandang yang berbeda, dan anda akan selalu menemukan kekayaaan baru.

No comments: