Wednesday, April 3, 2019

Coaching 101 - Memastikan Proses Coaching Sejak Awal

Apa kabar?

Oke. Anda sudah menyelesaikan dan lulus pelatihan coaching. Anda begitu takjub dengan 'kehebatan' coaching. Anda begitu percaya diri bahwa coaching adalah proses yang luar biasa mengagumkan untuk men-develop orang.

Tentunya Anda ingin dengan segera mempraktikannya. Anda ingin mengumpulkan jam terbang (coaching hours) secepatnya. Anda begitu yakin 100 jam bisa dikumpulkan dalam waktu maksimal 3 bulan. Lagipula coaching kan hebat, pasti banyak orang yang membutuhkannya.

Anda mulai menawarkan jasa coaching pro bono (gratis) kepada teman-dekat. Sebagai Leader di perusahaan, Anda juga langsung menerapkan coaching ke karyawan Anda. Bahkan menawarkan coaching ke karyawan rekan-rekan leader Anda.

Namun apa yang terjadi? Anda mengalami hal-hal berikut:

1. Karyawan Anda kebingunan ketika di-coaching, bahkan mereka malah minta dikasih tahu terus solusi masalahnya;

2. Rekan leader Anda terlalu mendikte goal coaching karyawannya, dan sebagai coachee Anda, karyawannya punya ekspektasi dan goal yamg berbeda dengan kemauan atasannya;

3. Coachee Anda tidak mau melanjutkan sesi, katanya coaching kelamaan, ribet, bikin pusing, dll.

Pernah mengalami hal-hal seperti di atas?

Bagaimana kita mengantisipasinya ...?

=================

Mau tahu lanjutan tips Coaching 101 yang dipandu langsung oleh M. Adithia Amidjaya, PCC, seorang Professional Certified Coach? Yuk belajar coaching di whatsapp KULWA COACHING 101 di:

https://chat.whatsapp.com/H4EAhVydlIQ3AtFDA0vwIJ

#coaching #coachingskills #coaches #professionalcoaches #leadership #leaders

No comments: