Thursday, March 21, 2019

Coaching 101 - Motivasi


Apa kabar?

Sebelum sesi coaching, seorang klien saya mengatakan bahwa dia berhasil mencapai prestasinya di pekerjaan melalui proses yang penuh perjuangan. Dia pun mengatakan bahwa untuk sukses memang perlu dijalankan dengan penuh kerja keras. Saya menggali lebih jauh apa yang dia maksud dengan "penuh perjuangan", dia pun menjelaskan dalam prosesnya, leadernya selalu mem-followup tiap hari, menegurnya dengan keras dan tidak jarang menyindir bahkan mendendanya bila tidak menjalani komitmen. Menurutnya cara seperti itu efektif untuk dia.

Ketika kami diskusikan lebih dalam, ternyata dia mengakui bahwa sebetulnya dia tidak begitu "enjoy" dengan cara itu karena dia termotivasi oleh atasannya atas dasar "tidakenakan", bahkan "keterpaksaan". Ini yang biasa dinamakan "motivasi eksternal". Dia ingin agar prosesnya lebih nyaman namun tetap dengan "kecepatan tinggi".

Ketika saya mempelajari ketrampilan coaching dan mendalaminya hingga ke level PCC, saya menemukan hal-hal menarik tentang motivasi. Pada dasarnya ada jenis motivasi yang sifatnya sementara, dan ada juga motivasi yang sifatnya lebih permanen. Dan dalam peran kita sebagai pimpinan atau leader, kemampuan untuk menemukan dan menggunakan "hot button" yang memotivasi karyawan kita adalah ketrampilan yang sangat berguna, sehingga kita mampu menggerakkan mereka untuk berkinerja dengan lebih mudah dan nyaman.

Apakah Anda tertarik….?

=================
Mau tahu lanjutan tips Coaching 101 yang dipandu langsung oleh M. Adithia Amidjaya, PCC, seorang Professional Certified Coach? Yuk belajar coaching di whatsapp KULWA COACHING 101 di https://chat.whatsapp.com/H4EAhVydlIQ3AtFDA0vwIJ

#coaching #coachingskill #coach #professionalcoach #leadership #leader

No comments: