Wednesday, March 27, 2019

Coaching 101 - Mendengarkan dengan Aktif


Apa kabar?

Saya yakin sudah banyak sekali literatur tentang leadership yang mengatakan bahwa seorang leader itu musti lebih banyak lagi mendengarkan. Berbagai survei juga sudah dilakukan dan salah satu hal yang musti dikuasai seorang leader adalah kemampuan mendengarkan. "Banyak mendengarkan dan berhenti bicara", begitu saran para guru leadership.

Nah, bukankah setiap saat kita mendengarkan? Kalo gak mendengarkan bagaimana kita bisa tahu apa-apa yang disampaikan karyawan? Jadi, kemampuan mendengarkan yang seperti apa lagi?

Sekarang saya tanya, ketika sedang mendengar kata-kata karyawan Anda, informasi yang mereka sampaikan, berapa persen yang Anda tangkap? 100%? Yakin? Ada seorang manajer yang bahkan berani mengatakan dia mampu mendengar bahkan mengingat hampir semua yang karyawannya katakan. Oke, dia mungkin memang sanggup mendengar dan ingat hampir semua kata-kata. Dan tahukah Anda, bahkan ketika ingat semua kata-kata yang diucapkan, sebetulnya kemampuan mendengarkan kita baru sekitar 20-30%?

Jadi, apa dong yang 70-80%-nya? Penasaran..?



=================

Mau tahu lanjutan tips Coaching 101 yang dipandu langsung oleh M. Adithia Amidjaya, PCC, seorang Professional Certified Coach? Yuk belajar coaching di whatsapp KULWA COACHING 101 di:


#coaching #coachingskills #coaches #professionalcoaches #leadership #leaders

No comments: