Apa kabar?
Saya yakin sudah
banyak sekali literatur tentang leadership yang mengatakan bahwa seorang leader
itu musti lebih banyak lagi mendengarkan. Berbagai survei juga sudah dilakukan
dan salah satu hal yang musti dikuasai seorang leader adalah kemampuan mendengarkan.
"Banyak mendengarkan dan berhenti bicara", begitu saran para guru
leadership.
Nah, bukankah setiap
saat kita mendengarkan? Kalo gak mendengarkan bagaimana kita bisa tahu apa-apa
yang disampaikan karyawan? Jadi, kemampuan mendengarkan yang seperti apa lagi?
Sekarang saya tanya,
ketika sedang mendengar kata-kata karyawan Anda, informasi yang mereka
sampaikan, berapa persen yang Anda tangkap? 100%? Yakin? Ada seorang manajer
yang bahkan berani mengatakan dia mampu mendengar bahkan mengingat hampir semua
yang karyawannya katakan. Oke, dia mungkin memang sanggup mendengar dan ingat
hampir semua kata-kata. Dan tahukah Anda, bahkan ketika ingat semua kata-kata
yang diucapkan, sebetulnya kemampuan mendengarkan kita baru sekitar 20-30%?
Jadi, apa dong yang
70-80%-nya? Penasaran..?
=================
Mau tahu lanjutan
tips Coaching 101 yang dipandu langsung oleh M. Adithia Amidjaya, PCC, seorang
Professional Certified Coach? Yuk belajar coaching di whatsapp KULWA COACHING
101 di:
#coaching
#coachingskills #coaches #professionalcoaches #leadership #leaders
No comments:
Post a Comment